Sejarah Singkat PT Ultrajaya (Persero)
Dan hingga kini, brand unggulan kami, UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu cair, seperti halnya juga Teh Kotak unggul di varian minuman siap saji dalam kemasan karton.
Lahan perkebunan dan peternakan
Lahan peternakan kami berlokasi di tengan lahan perkebunan di dataran tinggi Bandung, dimana tersedia sumber daya alam alami berkualitas baik, sebagai bahan baku produk kami.
Kesegaran bahan baku serta semua nutrisi yang terkandung di dalamnya kemudian kami proses dengan teknologi Ultra High Temperature ( UHT ) digabungan dengan teknologi pengemasan aseptik.
Kini, hampir 90% total produksi, kami distribusikan ke seluruh konsumen di seluruh pelosok Indonesai, sementara kurang lebih 10% produksi, kami ekspor ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.
Struktur Organisasi
Perusahaan

Komposisi Pemilikan Saham Perseroan
Per 30 November 2015
Sabana Prawirawidjaja adalah Presiden Direktur Perseroan, sedangkan Samudera Prawirawidjaja adalah Direktur Perseroan.Pemilikan saham oleh masyarakat dengan total 37,57% tersebut, terdiri dari 1.334 pemegang saham yang masing-masing memiliki saham kurang dari 5 % (lima persen).
Perusahaan Asosiasi dan Entitas Anak
KETERANGAN :
- Saham PT Prawirawidjaja Prakarsa dimiliki oleh Tn, Sabana Prawirawidjaja (75 %), Tn. Supiandi Prawirawidjaja (12,5 %), dan Tn. Samudera Prawirawidjaja (12,5 %). Tn, Sabana Prawirawidjaja dan Tn. Supiandi Prawirawidjaja merupakan pendiri/founders Perseroan.
- PT Kraft Ultrajaya Indonesia bergerak dalam bidang industri keju. Saham PT Kraft Ultrajaya Indonesia dimiliki oleh Mondelez International (d/h Kraft Foods Netherland Services B.V. d/h Kraft Foods Biscuits B.V. d/h Kraft General Foods Ltd.) sebesar 70%, dan oleh Perseroan 30%.
- PT Nikos Distribution Indonesia bergerak di bidang distribusi, perdagangan, angkutan, dan jasa.
- PT Nikos Intertrade bergerak dalam bidang logistik dan memiliki 49% saham PT Toll Indonesia.
- PT Ultra Ito-En Manufacturing bergerak dalam bidang industri Teh Hijau RTD (ready to drink) yang dikemas dalam kemasan botol PET (Polyethylene Terephthalate).
- PT Ito-En Ultrajaya Wholesale didirikan untuk memasarkan, menjual, dan mendistribusikan produk Teh Hijau RTD.
- PT Ultra Sumatera Dairy Farm bergerak dalam bidang pertanian, peternakan, dan perdagangan, dan didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan peternakan sapi perah di daerah Sumatera. Pada saat ini dalam tahap pembangunan dan belum beroperasi.
- PT Ultra Peternakan Bandung Selatan bergerak dalam bidang pertanian, peternakan, dan perdagangan.
- PT Ultra Agri Lestari bergerak dalam bidang pertanian, dan perdagangan. Pada saat ini belum beroperasi secara komersil.
Tim manajemen kami memiliki tekad penuh untuk selalu berkembang seiring dengan perkembangan teknologi makanan dan minuman, agar tetap dapat memberikan produk-produk baru yang inovatif untuk memuaskan permintaan konsumen sekaligus membangun merek yang kuat, untuk menjamin pertumbuhan jangka panjang. Oleh karena itu, salah satu strategi manajemen PT Ultrajaya adalah mengembangkan dan memertahankan sumberdaya manusia yang sangat terampil.
Perusahaan ini memiliki karyawan sebanyak 1,100 orang – terdiri dari tim manajemen, pabrik, tenaga penjualan dan pemasaran – memiliki motivasi kerja yang sangat tinggi dan berpengalaman di bidangnya. PT Ultrajaya mempunyai rencana pengembangan karyawan yang lengkap mencakup pelatihan keterampilan, kesempatan karir dan program pensiun untuk karyawan yang memasuki masa pensiun. Pada saat yang sama, perusahaan ini juga selalu melakukan program penerimaan karyawan untuk memertahankan sumberdaya manusia yang profesional dan produktif.
Pemasaraan, Penjualan Dan Distribusi
Jangkauan distribusi perusahaan merupakan salah satu jangkauan distribusi terluas di Indonesia , yang telah menjangkau pulau-pulau di Indonesia dari Sumatera sampai Papua. Saat ini PT Ultrajaya pun telah menjangkau lebih dari 25.000 wholesaler yang masing-masing secara kolektif menjual produk PT Ultrajaya ke lebih dari 65.000 retailer (baik local modern market maupun pasar tradisional), hotel, dan penggunaan secara komersial.
Sementara itu, jalur distribusi PT Ultrajaya di pulau Jawa saat ini juga terdiri dari lebih dari 300 sales professional, dengan lebih dari 100 armada, dan 20 kantor cabang. Konsumen utama PT Ultrajaya di Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 240 juta penduduk, saat ini juga mengalami peningkatan daya beli. Penjualan dalam negeri PT Ultrajaya pun menyumbang 90% dari total produksi yang PT Ultrajaya lakukan. Walaupun begitu, pada tahun 1988, kami pun telah meng-eksport produk PT Ultrajaya ke sejumlah negara di dunia.
Riset, Pengembangan, Dan
Pengawasan Mutu
Sebagai market leader, kami juga tetap mengedepankan penelitian,
pengembangan, dan pengecekan kualitas kontrol produk kami. Dengan
monitoring secara berkala terkait kebutuhan pasar dan permintaan
konsumen, kami pun telah mengembangkan produk-produk baru supaya
menjaga brand leadership kami, dan dapat dilihat hasilnya saat ini kami
pun telah berhasil mengembangkan lebih dari 60 produk sejak tahun 1975
lalu, yang kebanyakan diantaranya adalah market leader. Kami juga berkomitmen penuh untuk kualitas produksi kami, mulai dari
bahan baku yang kami gunakan hingga produk siap untuk dijual. Sistem
pengecekan kualitas produk tidak hanya terfokus pada isi dari produk
tersebut, namun hingga proses penyimpanannya. Seluruh produk kami telah
mendapatkan sertifikat Halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia), yang
dimana hal ini juga menunjukkan komitmen tinggi kami terhadap konsumen
Indonesia yang mayoritasnya adalam Muslim. Seluruh komitmen proses kami diatas pun menghasilkan reputasi baik kami dimata konsumen.
Teknologi Industri
Untuk menggambarkan tekad kami terhadap penggunaan teknologi yang
paling mutakhir di industri ini, PT Ultrajaya telah melakukan investasi
yang sangat besar dalam sistem pengolahan dan pengemasannya. Pabriknya
yang serba otomatis diakui sebagai salah satu mesin pengolahan makanan
dan minuman yang paling canggih di Indonesia. Mesin yang paling
moderen dan berteknologi canggih ini digunakan untuk memertahankan
kesegaran dan nilai gizi dari bahan baku yang sudah terpilih untuk
menghasilkan produk berkualitas terbaik bagi konsumen. Kami adalah yang pertama kali menggunakan teknologi UHT (Ultra High
Temperature) dan pengemasan aseptik di Indonesia untuk memroduksi
produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Lebih dari 3
dekade kami mempersembahkan produk berkualitas baik dan alami serta
memimpin pasar susu cair segar di Indonesia. Kami pun saat ini
merupakan salah satu produsen terbesar produk-produk UHT di Asia
Pasifik dengan total kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 juta
liter setiap tahun.Sejak bahan baku mulai diproses secara otomatis hingga produk jadi siap meninggalkan gudang penyimpanan di PT Ultrajaya, tidak ada kontak langsung dengan tangan manusia yang menjamin bahwa kondisi higienis tetap dapat dipertahankan selama proses produksi. Yang lebih penting lagi, di pabrik PT Ultrajaya kami melakukan serangkaian uji laboratorium yang lengkap dan ketat mulai dari bahan baku hingga produk jadi, untuk memastikan standar kualitas yang kami inginkan
- untuk memerbaiki kualitas kesehatan konsumen
- dapat dicapai secara konsisten.
Sumber :
http://www.ultrajaya.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar